Anda pernah melihat tanaman ini tumbuh di bebrapa tepi jalan atau lapangan rumput. Atau ada tetangga Anda yang memang menanamnya di pekarang...

BAGI KALIAN SEMUA YANG MENGIDAP PENYAKIT ASMA, LEUKIMIA DAN DISBETES INILAH OBATNYA!! ((TOLONG DI SHARE YA GUYS))

/
0 Comments

Anda pernah melihat tanaman ini tumbuh di bebrapa tepi jalan atau lapangan rumput. Atau ada tetangga Anda yang memang menanamnya di pekarangan tempat tinggal sebagai tanaman hias karena mempunyai bunga yang cantik warnanya. Mungkin saja Anda mengira tanaman Tapak Dara tanaman umum, namun sebenarnya dibalik kesederhanaan tanaman Tapak Dara ini, Ia mempunyai manfaat dan faedah mengagumkan untuk kesehatan tubuh manusia.

Mempunyai nama latin Chatarantus roseus (L) G. Don, serta sinonimnya yaitu Vinca rosea L. tanaman ini di Indonesia di kenal dengan sebutan rutu-rutu, kembang serdadu, kembang sari cina (Jawa), kembang tembaga beureum (Sunda). Sedang nama asingnya yaitu Madagascar periwinkle, rose perwinkle (Inggris), Kemunting Cina (Melayu).

Vinca rosea L.
Tanaman Tapak Dara terkenal kaya akan kandungan alkaloida, beberapa senyawa kelompok alkaloid dari tanaman ini sudah diisolasi serta dijadikan obat antikanker, yakni vinblastine serta vincristine. Alkaloida lain yang terdapat pada tanaman ini yaitu vindoline. Selain alkaloid, senyawa yang lain adalahantosianindan senyawa-senyawa fenolik seperti flavonoid, juga asam kafequinat, serta kelompok triterpena pentasiklik yakni
asam ursolat.

Manfaat Tapak Dara serta cara menggunakannya

Tapak Dara di kenal bisa digunakan untuk mengobati penyakit salah satunya :

1. Diabetes militus (kencing manis)
10-16 lembar daun Tapak Dara rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih hingga tinggal 1 gelas. Setelah didinginkan bisa diminum sebagai obat.

2. Hipertensi (darah tinggi)
7 lembar daun atau bunga Tapak Dara diseduh dengan 1 gelas air biarkan beberapa saat, lalu saring untuk diminum menjelang tidur.

3. Leukimia
20-25 gr daun Tapak Dara yang telah dikeringkan bersama adas pulawaras di rebus dengan 1 liter air serta disaring. Diminum 2 kali sehari pagi serta sore hari.

4. Asma serta Bronkhitis
1 potong bonggol akar Tapak Dara di rebus dengan 5 gelas air, didinginkan untuk diminum 2 kali sehari pagi serta sore hari.

5. Demam
Satu genggam daun Tapak Dara, 3 potong batang serta akar Tapak Dara di rebus dengan 4 gelas airsampai mendidih hingga tinggal 1, 5 gelas, didinginkan untuk diminum pagi dan sore hari.

6. Radang Perut serta Disentri
Segenggam daun Tapak Dara di rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih, didinginkan tambahkan gula kelapa untuk diminum pagi dan sore.

7. Kurang Darah
4 putik bunga Tapak Dara putih di rendam dalam 1 gelas air, ditutup, lalu diletakkan di luar rumah semalaman. Diminum pagi harinya dengan teratur setiap harinya.


You may also like

Tidak ada komentar: