Satu diantara jenis tanaman yang bisa digunakan untuk kesehatan yaitu tanaman jarak. Pohon jarak adalah kategori tumbuhan liar yang kaya man...

MUNGKIN KALIAN BELUM TAHU.!!! BANYAKNYA MANFAAT DARI DAUN INI.!! TOLONG DIBAGIKAN.!!!

/
0 Comments

Satu diantara jenis tanaman yang bisa digunakan untuk kesehatan yaitu tanaman jarak. Pohon jarak adalah kategori tumbuhan liar yang kaya manfaat. Tumbuhan ini memiliki nama latin Ricinus Communis yakni jenis tumbuhan perdu yang memiliki banyak faedah untuk kesehatan serta kita tidak sering tahu. Tumbuhan ini memanglah jarang dikenali lantaran biasanya tumbuh di rimba atau di lahan kosong.

Di daerah pantai pohon ini bisa berkembang biak dengan subur. Walau demikian belakangan ini pohon jarak mulai dikembangbiakkan bersamaan dengan manfaatnya yang begitu utama untuk kesehatan tubuh anda. Tumbuhan jarak memiliki tanda-tanda bentuk batangnya bulat serta licin, daun berwarna hijau kemerah-merahan, serta memiliki buku pada sekujur batang lantaran sisa daun yang gugur dan memiliki rongga.

Dari segi namanya begitu beragam tergantung pada daerah masing-masing, seperti di Madura populer dengan sebutan kalekeh, di Jawa Barat dengan sebutan Kaliki, sedang di Pulau Sumatera dimaksud Dulang atau Gloh. Pohon jarak mempunyai daun wana hijau pada dasar permukaannya serta berwarna hijau muda pada di bagian bawahnya. Sedang bagian dari daun bergerigi dengan bentuk yang runcing pada ujungnya dengan diameter daun sekitar pada 10-40 cm serta cangap menjari 7-9 ruas. Tanaman jarak ini memiliki karakter tunggal serta tumbuh berseling. Pohon jarak adalah tanaman liar yang kaya manfaat sebagai penyembuhan mulai sejak turun-temurun dari nenek moyang kita dan kita bisa meramunya sendiri di rumah.

Tersebut beberapa manfaat daun jarak untuk kesehatan :
1. Mampu turunkan panas dan menyembuhkan masuk angin pada bayi
Caranya : Ambil 2-3 helai daun jarak, lalu oleskan dengan minyak ikan. Panggang daun jarak di atas kompor selama 1 hingga 2 menit. Letakkan pada perut bayi serta punggung. Lalu lapisi dengan gurita bayi agar tak mudah lepas

2. Memperlancar buang air besar/sembelit
Caranya : Ambil sebagian helai daun jarak yang masih fresh. Lalu kukuslah untuk dijadikan lalapan

3. Mengobati bengkak
Langkah membuatnya : Kukus daun jarak segar sampai layu. Tempelkan daun itu di bagian yang bengkak atau sakit

4. Menyembuhkan penyakit hernia
Cara membuatnya : Tumbuk atau lumat saja daun jarak dengan mencampur sedikit garam. Lalu tempelkan di bagian tengah telapak kaki

5. Mengobati korengan
Langkahnya : Ambil daun jarak seperlunya. Rendam daun di air panas sampai daun terlihat layu. Lantas tempelkan daun di bagian yang terkena koreng.

Itulah sebagian fungsi manfaat daun jarak untuk kesehatan tubuh yang kerap kita tak di ketahui dengan cara pengobatan tradisiona alami, namun sangat banyak beberapa manfaatnya yg tidak kita ketahui.



You may also like

Tidak ada komentar: