Rasa nyeri pada tulang belakang bawah kerap dihubungkan dengan sakit punggung. Sakit ini umumnya terkait dengan sisi pertulangan dari tulang...

KETAHUILAH SEBELUM TERLAMBAT..!! YANG MENYEBABKAN SAKIT TULANG BELAKANG DAN LANGKAH JITU UNTUK MENGATASINYA... ===>>

/
0 Comments

Rasa nyeri pada tulang belakang bawah kerap dihubungkan dengan sakit punggung. Sakit ini umumnya terkait dengan sisi pertulangan dari tulang belakang tingkat lumbal, diskus (bantalan) pada tulang belakang, ligamen (jaringan ikat) di sekitaran tulang belakang serta diskus, saraf serta sumsum tulang belakang, organ di rongga perut serta panggul, otot punggung bawah, dan kulit di ruang punggung bawah. Keadaan ini paling banyak berlangsung pada orang dewasa umur 35-55 th.. 

Tidak hanya umur, sebagian factor bisa tingkatkan resiko sakit tulang belakang bawah. Umpamanya keunggulan berat tubuh, hamil, merokok, stres atau depresi, dan mengkonsumsi obat-obatan yang bisa merubah keadaan tulang seperti kortikosteroid. 

Sakit tulang belakang bawah bisa berbentuk rasa nyeri, kebas, atau mati rasa yang menyebar pada satu kaki, nyeri sendi atau merasa kaku saat jalan saat pagi hari, dan sebagainya Rasa sakitnya bikin tak nyaman, bahkan juga bisa mengganggu kesibukan. 

Ada banyak hal yang bisa mengakibatkan sakit tulang belakang bawah, diantaranya : 

Postur badan serta kesibukan harian. Aktivitas seperti mendorong, menarik, mengangkat serta membawa beban, berdiri atau membungkuk sangat lama, batuk, otot yang tegang, peregangan yang terlalu berlebih, dan menyetir serta duduk untuk saat yang panjang. Termasuk juga kasur yg tidak optimal menyokong tulang belakang waktu tidur.

Masalah pada susunan tulang belakang. Umpamanya permasalahan pada cakram tulang belakang, artritis (radang tulang serta persendian), osteoporosis (pengeroposan tulang), maupun lengkung tulang belakang yang abnormal seperti skoliosis.

Penyebabnya lain seperti berlangsung infeksi atau keluar tumor pada tulang belakang, alami infeksi k4nd*ng k3m*h, infeksi ginjal, radang panggul pada wanita, infeksi yang merubah saraf (shingles). 
Untuk meyakinkan penyebabnya sakit tulang belakang bawah, dokter bisa lakukan sebagian tes pendukung seperti cahaya X, CT-scan, MRI, pemindaian tulang, maupun electromyography (EMG). Bila dicurigai berlangsung infeksi, dokter dapat menyarankan dilaksanakan tes darah. 

Menangani sesuai sama penyebab 
Penyembuhan sakit tulang belakang bawah bergantung dari pemicunya. Berikut sebagian pilihan penyembuhan yang bisa dikerjakan : 

Obat pereda nyeri. Umpamanya acetaminofen atau ibuprofen bisa menolong memperingan rasa sakit untuk periode pendek. Senantiasa tanyakan dosis serta durasi mengkonsumsi obat ini dengan dokter. Diluar itu, pereda nyeri dapat juga berbentuk cream atau salep yang dioles langsung di tempat yang dirasa nyeri. 

Pemberian obat seperti antidepresan maupun sebagian type narkotik untuk menyembuhkan sakit tulang belakang yang telah kritis mesti senantiasa dibawah pengawasan dokter. 

Suntikan antiinflamasi atau obat type kortikosteroid, bisa diberikan bila sakit tulang belakang terasa menyebar sampai ke kaki serta tak mempan dengan obat pereda nyeri yang lain. Umpamanya, suntikan kortison bakal menolong turunkan peradangan di sekitaran akar saraf yang menolong memperingan rasa sakit sesaat. 

Tindakan ini adalah pilihan terakhir bila penyembuhan lain gagal maupun rasa sakit makin kronis, hingga penderitanya tidak bisa tidur atau melakukan aktivitas. Prosedur operasi yang umum dikerjakan yakni discectomy (sisi dari diskus yang ada diantara tulang belakang diangkat) supaya diskus tak selalu menghimpit saraf tulang belakang serta spinal fusion (dua atau lebih tulang belakang dipadukan untuk menyetabilkan tulang belakang serta kurangi nyeri). Walau demikian, tindakan operasi ini mempunyai resiko komplikasi serius, seperti rusaknya saraf di dekat ruang operasi atau bahkan juga kelumpuhan. 

Selain itu, ada juga sebagian alternatif yang dapat dikerjakan untuk memperingan rasa sakit tulang belakang bawah seperti yoga maupun akupunktur. Senantiasa tanyakan dengan dokter untuk cara itu. 

Untuk Anda yang alami sakit tulang belakang bawah, tetaplah berupaya bergerak aktif untuk menunjang pemulihan. Walau demikian, lakukan gerakan tanpa ada terburu-buru serta tak memaksakan tubuh.



You may also like

Tidak ada komentar: