BunCer pasti pernah memasak bayam untuk keluarga dirumah kan? Ya, selain gampang memasaknya, bayam juga enak dan baik untuk kesehatan. Namun...

SOTOP!!! BAHAYA ,DAN PERLU DIPERHATIKAN JANGAN MEMAKAN SAYUR BAYAM YANG DIMASAK LEBIH DARI ENAM JAM TOLONG DIBAGIKAN TERUTAMA BAGI IBU IBU AGAR HATI HATI!

/
0 Comments

BunCer pasti pernah memasak bayam untuk keluarga dirumah kan? Ya, selain gampang memasaknya, bayam juga enak dan baik untuk kesehatan. Namun jangan sampai salah mengolahnya. Alih-alih menyehatkan, sayur bayam dapat jadi racun untuk badan.

Bayam adalah sumber protein serta asam amino yang begitu dibutuhkan badan, serta asam amino begitu utama untuk melindungi keadaan badan hingga tak gampang terkena penyakit. Manfaat bayam memang sangat banyak. Tetapi, kandungan gizi yang tinggi itu akan tidak bermakna bila BunCer salah mengolahnya. Hal semacam ini karena bayam memiliki kandungan zat besi yang jika salah dalam memasaknya, beberapa zat itu bakal beralih jadi racun untuk badan serta bakal mengganggu kesehatan BunCer. Lalu, apa sajakah yang butuh di perhatikan supaya sayur bayam betul-betul aman dan menyehatkan?

Tersebut terdapat beberapa panduan memasak sayur bayam yang benar supaya tak beresiko waktu dikonsumsi, salah satunya :

Janganlah dipanaskan
Bayam banyak terkandung zat besi atau senyawa ferro (Fe²+) yang baik untuk badan. Tetapi, bila dipanaskan terus-menerus atau berulang, bakal berlangsung oksidasi pada sayur bayam. Oksidasi tersebut yaitu pengikatan oksigen. Mengakibatkan Fe²+ yang baik tadi bakal beralih jadi Fe³+ atau senyawa ferri yang beracun untuk badan (racun). Oleh karenanya, masaklah bayam untuk sekali makan.

Selekasnya dimakan
Terkecuali memiliki kandungan zat besi, bayam juga memiliki kandungan nitrat (NO³). Namun bila sangat lama bersentuhan dengan hawa, bakal beralih jadi nitrit (NO²) yang berbentuk senyawa tak berwarna, berbau serta beracun. Jadi sayur bayam demikian masak mesti selekasnya dikonsumsi. Sayur bayam yang telah dimasak kian lebih 6 jam tak dianjurkan untuk dikonsumsi lagi.
Tentukan bayam yang segar

Bayam fresh yang baru dicabut dari persemaian bakal memiliki kandungan senyawa nitrit kurang lebih sejumlah 5 mg per kg. Bayam yang disimpan di lemar es sepanjang dua minggu kandungan nitrit bakal bertambah hingga 300 mg per kg. Dengan kata lain, dalam 1 hari penyimpanan, senyawa nitrit bakal jadi tambah sebesar 7%.

Pakai panci stainless steel
Janganlah memasak bayam di panci besi atau aluminium karena senyawa ferro tadi bakal bereaksi dengan bahan besi atau aluminium. Baiknya pakai panci nirkarat (stainless steel).
Jadi, dari mulai sekarang STOP! janganlah memakan sayur bayam yang sudah dimasak kian lebih 6 jam serta cermati waktu memasak sayur bayam yang benar supaya tak beresiko waktu dikonsumsi.

Semoga bermanfaat ^^

Sumber: http://mediapintar21.blogspot.co.id/


You may also like

Tidak ada komentar: